Minggu, 24 Mei 2015

PENGERTIAN BELAJAR & PEMBELAJARAN



BELAJAR & PEMBELAJARAN

BAB I:
ARTI & MAKNA BELAJAR PEMBELAJARAN

Elvira rizaarkhan



PENGERTIAN BELAJAR
Belajaradalahkegiatanberprosesdanmerupakanunsur yang sangat fundamental dalamsetiapjenjangpendidikan.
Belajaradalah proses atauusaha yang dilakukantiapindividuuntukmemperolehsuatuperubahantingkahlakubaikdalambentukpengetahuan, keterampilanmaupunsikapdannilaipositifsebagaipengalamanuntukmendapatkansejumlahkesandaribahan yang telahdipelajari.
(Vernon S. Gerlach& Donal P. Ely), dalambukunya teaching & media-A systematic approach (1971), belajaradalahperubahanperilaku, sedangkanperilakuituadalahtindakan yang dapatdiamati.
(Gagne), dalamWhandi (2007), belajardidefinisikansebagaisuatu proses dimanasuatuorganismeberubahperilakunyaakibatsuatupengalaman.
(slameto), belajaradalahsuatu proses usaha yang dilakukanseesoranguntukmemperolehsuatuperubahanperilaku yang barusecarakeseluruhan, sebagaihasilpengalamannyasendiridalaminteraksidenganlingkungannya.
(Abdillah), dalamAunurrahman (2010: 35), belajaradalahsuatuusahasadar yang dilakukanolehindividudalamperubahantingkahlakumelaluipelatihandanpengalaman yang menyangkutaspek-aspekkognitif, afektifdanpsikomotorikuntukmemperolehtujuantertentu.
(kesimpulan) belajaradalahperubahantingkahlakupadaindividu-individu yang belajar.

PENGERTIAN PEMBELAJARAN
(Darsono) pembelajaransebagaisuatukegiatan yang dilakukanoleh guru sedemikianrupasehinggatingkahlakusiswaberubah kea rah yang lebihbaik.
(teoribehavioristik) pembelajaranadalahsebagaisuatuusaha guru membentuktingkahlaku yang diinginkandenganmenyediakanlingkungan (stimulus). Agar terjadihubungan stimulus danrespon (tingkahlaku yang diinginkan) perlulatihandansetiaplatihan yang berhasilharusdiberihadiahatau reinforcement (penguatan).
(teorikognitif)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar