BELAJAR & PEMBELAJARAN
BAB I:
ARTI & MAKNA BELAJAR PEMBELAJARAN
Elvira rizaarkhan
PENGERTIAN BELAJAR
Belajaradalahkegiatanberprosesdanmerupakanunsur
yang sangat fundamental dalamsetiapjenjangpendidikan.
Belajaradalah proses atauusaha yang dilakukantiapindividuuntukmemperolehsuatuperubahantingkahlakubaikdalambentukpengetahuan,
keterampilanmaupunsikapdannilaipositifsebagaipengalamanuntukmendapatkansejumlahkesandaribahan
yang telahdipelajari.
(Vernon S. Gerlach& Donal P. Ely),
dalambukunya teaching & media-A systematic approach (1971),
belajaradalahperubahanperilaku, sedangkanperilakuituadalahtindakan yang
dapatdiamati.
(Gagne), dalamWhandi (2007),
belajardidefinisikansebagaisuatu proses
dimanasuatuorganismeberubahperilakunyaakibatsuatupengalaman.
(slameto), belajaradalahsuatu proses usaha yang
dilakukanseesoranguntukmemperolehsuatuperubahanperilaku yang
barusecarakeseluruhan,
sebagaihasilpengalamannyasendiridalaminteraksidenganlingkungannya.
(Abdillah), dalamAunurrahman (2010: 35),
belajaradalahsuatuusahasadar yang
dilakukanolehindividudalamperubahantingkahlakumelaluipelatihandanpengalaman
yang menyangkutaspek-aspekkognitif,
afektifdanpsikomotorikuntukmemperolehtujuantertentu.
(kesimpulan)
belajaradalahperubahantingkahlakupadaindividu-individu yang belajar.
PENGERTIAN PEMBELAJARAN
(Darsono) pembelajaransebagaisuatukegiatan yang
dilakukanoleh guru sedemikianrupasehinggatingkahlakusiswaberubah kea rah yang
lebihbaik.
(teoribehavioristik)
pembelajaranadalahsebagaisuatuusaha guru membentuktingkahlaku yang diinginkandenganmenyediakanlingkungan
(stimulus). Agar terjadihubungan stimulus danrespon (tingkahlaku yang
diinginkan) perlulatihandansetiaplatihan yang berhasilharusdiberihadiahatau
reinforcement (penguatan).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar